Kamis, 14 Mei 2009

Solidaritas adam smith

Hari ini jam terakhir temen kita Lia amalia, tiba” pingsan dikelas karena sakit jantung yang dia punya. Awal kejadian ini terjadi waktu ilham ank pindahan baru dikelas kita ngegetin lia. Dia emg gk tahu kalau lia punya sakit jantung. Terus tiba” lia pingsan dan kita adam smith pada binggung karena lia kesakitan dan lama gk sadara diri. Lagian hari itu yang paling parah dari pingsan liat yang dulu”. Anak” pada binggung dan si cemplok malah bikin aksi gk penting buat ramuan nyadarin lia. Dia ambil kaus kakinya dia kasih di atas hidung lia. Dan ajaib,, lia sadar….

Gk berapa lama dia pingsan lagi dan makin paraNya sempet kejang. Mungkin kontraksi pada jantung. Gw minta tolong ma oak wikan guru agama gw pas dikelas sebelah. Dan seketiuka pak wikan datanjg. Ini nih kejadian yang bikin ank” gubrak. Dengan langkah wibawahnya pak wikan datang dan bilang kelia “ lia, lia gk papa? Masih inget saya? “.. hayah, pertanyaan yang retoris “ masih inget saya?”.

Well, lama bgt kita dan bu yeti buat nyadarin lia. Sempet dia sadar dan baca surat-surat pendek dan berdoa. Disitu gw terenyuh ma lia. Air mata gw keluar waktu gw liat temen gw kesakitan. Gw gk bisa nahan tangis gw. Terus lia minta dibimbing buat doain dia. Semua ank pada doain dia. Dan selesai doa lia bilang “ bu, sakit. Saya nyerah aja ya bu”. Aduh kita berusaha yakinin lia buat bertahan. Lia jg bilang “ bu ada orang ya di depan pintu “ padahal gk ada orang. Dia sempet bilang ada orang lah, ada yang lewat lah. Padahal kita semua pada duduk buat nungguin lia yang tidur dikelas. Gk berapa lama lagi dia bilang “ semua orang itu punya mimpi. bu, saya belum bisa membahagiakan orang tua, belum bisa matematika……. Saya ank tunggal“ aduh makin banyak deh tetesan air mata yang gw keluarin. Entah, meski lia buka sahabat gw, tapi kebersamaan dan ikatan pertemanan bikin gw terenyuh ma dia. Dia tetep temen gw….

Gk selang pak wikan datang lagi terus nanya” ma lia. Abis itu lia minta dibantu doa. Kita semua, pak w3ikan, bu yeti dan semua ank” pada duduk dibawah dan buat saf sambil baca doa dan surat-surat pendek. Disitu gw baru ngerasa kalau sehat itu harta utama. Dan teman adalah jalan menuju kemudahan.

Gk berapa lama lia mulai ngerasain mendingan dan mulai bisa mengerakkan badan. Abis itu kita pada nganterin dia pilang (gw, cemplok, mila gendut ma ratih ). Satu hal yang bikin gw suka ma lia. Meski keadaannya separah itu dia gk mau bilang mama ma papanya dengan alasan “ entar mereka jadi kepikiran dan panik. Aku gk pingin mereka mikirin aku“. Aghh, meski sakit gw gk liat lia sakit. Karena kemandiriannya lah yang bikin dia lebih sehat dibanding ank” laen…

Tidak ada komentar: